Pages

Sabtu, 14 November 2015

SUBSISTEM SMS GATEWAY

SUBSISTEM SMS GATEWAY
Subsistem SMS Gateway terdiri atas sebuah handphone pengguna dengan nomor yang telah ditentukan dan sebuah handphone server (dalam hal ini menggunakan handphone merk Siemens C45) yang terhubung dengan komputer dan digunakan sebagai alat penerima dan pengirim SMS.
Kabel data serial Siemens C45 digunakan untuk menghubungkan handphone ke PC atau komputer melalui komunikasi serial. Pada PC terdapat modul gammu yang bekerja sebagai server (gateway) dan akan bekerja secara daemon. Gammu ini yang kemudian akan membaca seluruh data pada handphone. Pada PC terdapat software Wamp yang digunakan untuk membuat database MySQL menggunakan PHPMyAdmin. Database ini digunakan untuk menampung data handphone yang terbaca oleh gammu. Database ini didapat dengan mengimport database yang telah disediakan oleh Gammu dengan nama file mysql.sql dan nama database tersebut adalah SMSD.
Perencanaan SMS
Selain Media Website Hotel juga menyediakan fasilitas SMS check Room yaitu untuk melakukan chek terhadap ketersediaan kamar, hal ini dilakukan hanya cukup dengan sms sesuai dengan format yang telah disediakan oleh management Hotel , Hal ini disajikan bertujuan untuk memudahkan pelanggan
dalam memperoleh informasi tentang status kamar dan saterusnya.
Ada Empat fasilitas / Format yang disediakan oleh management Hotel yaitu :
1. sms bantuan [HELP] untuk mengetahui perintah dengan format yang lain.
2. Informasi Harga [INFO HARGA] untuk mengetahui harga pada masing -masing type kamar.
3. Detail [DETAIL FASILITAS] untuk mengetahui fasilitas dari masing-masing type / kategorikamar
4. cek [CEK] untuk mengecek ketersediaan kamar
5. booking [BOOKING] untuk memesan kamar hotel

Cara melakukan sms dengan format seperti diagram dibawah ini

0 komentar:

Posting Komentar